Sunday, July 26, 2015

Apa Itu Ecopark?


       Ocean Ecopark Ancol adalah taman rekreasi seluas 33,6 hektar di tengah kota Jakarta. Ruang terbuka hijau tersebut dahulunya merupakan Padang Golf Jaya Ancol. Di Ecopark pengunjung bisa mengenal dunia flora dan fauna, karena terdapat sekitar sepuluh ribu pepohonan dan berbagai jenis hewan yang dapat dilihat langsung oleh pengunjung. Jumlah flora tersebut mencakup berbagai pohon tropis seperti cemara laut, trambesi, mahoni, serta beberapa spesies tanaman langka. Untuk memudahkan pengunjung, setiap tanaman diberikan papan informasi yang emuat nama serta keterangan umum pohon.
       Ancol Ocean Ecopark dibagi menjadi empat kawasan berbeda. Yang pertama adalah Eco-Care, tempat untuk menumbuhkan kepedulian terhadap lingkungan karena kawasan ini dipenuhi oleh berbagai jenis tanaman. Selanjutnya ada Eco-Nature yang memanjakan pengunjung dengan keindahan alam serta kelucuan satwa-satwa jinak. Di Eco-Art, pengunjung dapat mengenal lebih dekat seni serta budaya. Terakhir adalah Eco-Energy yang difokuskan untuk memperkenalkan konservasi energi dan sumber energi terbaru. Di sana juga terdapat Eco-Island yaitu pulau yang sangat eksotis yang dipenuhi berbagai aneka satwa dan dikelilingi oleh danau. Pulau kecil tersebut menjadi tempat tinggal burung pelikan, burung dara, burung kasuari, bebek, rusa, domba, monyet, dan sebagainya. Dalam waktu dekat pula akan hadir kebun binatang baru dengan hewan-hewan eksotis dan jarang sekali dijumpai di kebun binatang lainnya.
       Ancol Ocean Ecopark merupakan tempat yang cocok untuk melakukan berbagai aktivitas luar ruangan. Taman tersebut dilengkapi dengan dua jalur untuk berkeliling. Jalur pertama dikhususkan untuk pejalan kaki dan jalur jogging. Sedangkan jalur kedua sepanjang dua kilometer merupakan track untuk dilalui kendaraan seperti sepeda, eco track, ATV dan buggy car. Bila ingin berkeliling danau, pengunjung dapat menyewa wahana Family Boat (Kano), yaitu salah satu alat transportasi yang dikhususkan untuk menikmati keindahan danau ecopark. Ecopark di kawasan Ancol itu juga menyediakan fasilitas untuk outbond, ecoboat, dan forest camping. Ada pula arena Paintball yang terbagi menjadi beberapa zona hutan. Bila ingin menyaksikan suasana hijau dari ketinggian, Anda bisa mencoba naik lookout tower.
       Ancol Ocean Ecopark juga mengedukasi pengunjung melalui Fantastique Magic Fountain Show. Night show tersebut memanfaatkan teknologi pertunjukan yang canggih. Latar yang dipakai adalah benteng kerajaan di tengah danau. Sedangkan kisah yang diangkat adalah Timun Mas dan Buto Ijo. Cerita rakyat yang sangat populer di tanah air itu dibawakan dengan gaya musical theater berdurasi 1/2 jam. Kegiatan edutaiment yang menarik pula bertempat di wahana Learning Farm. Anda bisa mengajak buah hati untuk belajar bercocok tanam maupun memberi makan hewan ternak di sana dan yang paling menarik adalah anda sekeluarga bisa melihat kerbau yang sangat sulit sekali ditemui di daerah perkotaan, selain bisa melihat anda pun bisa mengikuti kegiatan membajak sawah.
       Ancol Ocean Ecopark dapat dikunjungi setiap hari dengan GRATIS (FREE) dari pukul 06.00 - 18.00 WIB. Pertunjukan Fantastique Magic Fountain Show bisa disaksikan pada malam hari dengan harga tiket Rp 50.000 (weekday) atau Rp 60.000 (akhir pekan). Tarif sewa sepeda untuk berkeliling taman adalah Rp 25.000 – Rp 60.000 per jam. Buggy car yang cocok untuk romobongan bisa dinikmati dengan harga sewa Rp 120.000 per jam. Sedangkan untuk naik Kano pengunjung diharuskan membayar Rp 75.000 per-kano yang bisa dinaiki langsung 4-5 orang. Wahana baru seperti Pemancingan keluarga pun kini hadir di Ecopark. Wahana Adventure seperti Outbondholic, Paintball, dan lainnya pun terdapat di Ocean Ecopark Ancol.
       Selain berbagai wahana di ecopark yang dapat dinikmati oleh pengunjung, management ecopark ancol juga bertindak sebagai Event Organizer yang membantu pengunjung memberikan konsep acara untuk kegiatan Family Gathering, Employee Gathering, Edukasi, Kebaktian, Wedding, Konser Musik maupun Fun Games Activity dalam rombongan jumlah besar maupun kecil.

       Ancol Ocean Ecopark dapat dikunjungi menggunakan busway yang berhenti di halte busway ancol. Selanjutnya Anda tinggal berjalan kaki menuju pintu masuk utama ecopark di depan Mercure Hotel, Pintu Ecopark di depan Pasar Seni (Via Shuttle Bus Wara-Wiri), ataupun pintu masuk ecopark yang berada disamping Restoran Telaga Sampireun.


Untuk Informasi dan reservasi mengenai jenis kegiatan yang ada di ecopark anda dapat menghubungi bagian marketing ecopark di (021) 64713588 / (021) 6452988


No comments:

Post a Comment